Wow, Endah Solehati Khojijah Mahasiswi Untirta Ini Pandai Bela Diri

Kabar5.id, Serang, Banten – Endah Solehati Khojijah Mahasiswi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), menunjukan keahliannya dalam acara Peresmian Sanggar Aje Kendor, yang di resemikan oleh Walikota Serang Syafrudin, Selasa, (24/09/19).

Perempuan berhijab yang memiliki paras cantik itu, ternyata murid dari Perguruan Seni Pecak Silat Bandorong. Ia belajar beladiri sejak usia 18 Tahun hingga kini, dirinya mahir dalam seni Beladiri.

Saat melakukan pertunjukan, perempuan cantik itu juga memiliki kekebelan tubuh dari senjata tajam seperti golok atau pisau. Hal itu terungkap saat dirinya membeset tangan dan lidahnya dengan menggunakan pisau yang tajam.

Saat di telusuri, motivasi Endah Solehati belajar debus, di dasari dari hati yang ingin menjaga diri dari laki-laki hidung belang. Sejak Ia belajar debus, ternyata mengalami kejadian pahit yaitu, tertusuk jarum pada bagian tangan.

Pengalaman pahit itu membuat dirinya semakin semangat untuk belajar. Wanita berhijab dan berparas cantik itupun, tidak pernah lelah untuk terus belajar. Hingga akhirnnya bisa memiliki kekebalan tubuh pada usia 19 tahun.

Baca Juga : Ratusan Mahasiswa Se Banten Tolak Revisi UU KPK dan RKUHP

“Awalnnya bener-bener tidak bisa, dan takut banget dengan golok maupun pisau. Bahkan saya pertama kali di alun-alun mencoba debus dengan di tusuk jarum, lalu berdarah. Saya pun tidak kapok serta terus belajar,” ungkapnya.

Endah juga mengakui, awal mula dirinya belajar debus, tidak diizinkan oleh orang tua, karena berbahaya. Ia pun mulai mencari alasan, hingga akhirnya terucap untuk mengembangkan seni budaya di Banten.

“Nah, dari situ diizinkan oleh orang tua saya mas. Saya pun bisa menjadi kebal arahan dari guru, dengan disuruh puasa selama setengah bulan,” jelasnya.

Diketahui, berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Serang. Tercatat sebanyak 14 kasus yang terjadi di Kota Serang. Delapan di antaranya, merupakan kasus pemerkosaan terhadap perempuan dan anak. (Saputra).

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial