Tinjau Situ Cukang Sadang, Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Pastikan Kondisi Pesawahan di Sekitar Cukang Sadang Aman

Kabar5.id, Pandeglang, Banten – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, H. Budi S Januardi memastikan, kondisi pesawahan disekitar Situ Cukang Sadang yang terletak di Desa Senangsari Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pandeglang, Banten, aman. Hal itu dikatakan Kadis usai meninjau kondisi Situ Cukang Sadang, menindaklanjuti pemberitaan adanya puluhan hektar lahan pesawahan di Kecamatan Pagelaran dilanda kekeringan sudah Satu bulan lebih. Akhirnya, masyarakat petani terpaksa menjebol tanggul Situ Cukang Sadang.

“Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang bersama instansi terkait, telah melakukan cek lapangan dengan menugaskan Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (PSP) Uun Junandar beserta tim dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) dan Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Pagelaran dan Penyuluh Pertanian Desa Senangsari,” ungkap Kadistan, H. Budi S Januardi, Selasa (25/05/2021).

Hasil pengamatan di lapangan, lanjutnya, Potensi Situ Cukang Sadang dapat mengairi blok sawah di Desa Senangsari, Kertasana, Sukadame, Pagelaran dan Bama Kecamatan Pagelaran seluas kurang lebih 500 Ha.

Baca Juga: http://kabar5.id/2021/05/24/puluhan-hektar-lahan-pesawahan-di-pagelaran-kekeringan-masyarakat-jebol-situ-cukang-sadang/

“Kondisi pada saat ini air tersedia cukup untuk mengairi, pertanaman padi berumur 30 hingga 40 hari masa tanam (HST) dan belum nampak adanya kekeringan,” imbuhnya.

Kendati demikian, Kadistan mengakui, di sejumlah titik terdapat wilayah pertanaman padi yang berpotensi mengalami kekeringan, karena adanya perbaikan saluran irigasi.

“Lokasi yang sudah terlihat kekeringan yaitu di blok sumur karang seluas kurang lebih 25 Ha, dikarenakan pada saat ini saluran irigasi sedang diperbaiki,” tambahnya.

Ditambahkan, pihaknya sudah meminta kelompok tani di wilayah terdampak kekeringan untuk mengajukan peminjaman ke Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang.

“Sementara kami sudah meminjamkan 2 alat pompa air, 1 unit 6 inc dan 1 unit 4 inc untuk dipergunakan petani setempat,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang sarana dan Prasarana (Sarpras) Dinas PUPR Kabupaten Pandeglang, Muhadi menambahkan, rencananya Dinas PUPR Kabupaten Pandeglang akan segera melakukan perehaban bangunan bendungan di Cikedal dan normalisasi saluran tersier bendungan di Cikedal.

Baca Juga: http://kabar5.id/2021/05/24/dunia-wisat-pandeglang-di-lirik-tiga-perusahaan-bumn/

Untuk saat ini, kata Muhadi, untuk memperbaiki tanggul Situ Cukang Sadang yang jebol akan dilakukan pemasangan skat balok untuk memudahkan pengaturan airnya.

“Solusinya bisa di pasang skat balok biar bisa di atur Insya Allah aman kedepanya,” katanya.

Turut hadir pada peninjauan Situ Cukang Sadang, Kabid SDA Dinas PUPR dan Tim dari PUPR Kab. Pandeglang, Kabid Sarpras Pertanian (PSP) Distan Kabupaten Pandeglang, Kabid Tanaman Pangan Distan Pandeglang, Kabid Penyuluhan Distan Pandeglang, Kasie Perbenihan dan Perlindungan Tanaman Distan Kabupaten Pandeglang, Koordinator Penyuluh BPP Pagelaran, Penyuluh Desa Kertasana Kecamatan Pagelaran, Kepala Desa Senangsari Kecamatan Pagelaran, dan Ketua kelompok tani kandaga jaya Desa Kertasana Kecamatan Pagelaran. (02/**/m4n).

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial