Polsek Kota dan Puskesmas Pandeglang, Door to Door Vaksinasi ODGJ

Kabar5.id, Pandeglang, Banten – Vaksinasi untuk penderita Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) mulai dilakukan secara door to door atau home visit dengan sistem jemput bola. Hal ini dilakukan, lantaran mereka memiliki keterbatasan dalam mobilitas, Jum’at (10/9/2021).

Hal itu dilakukan oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan tenaga kesehatan Puskesmas Pandeglang yang melakukan vaksinasi dengan menyasar penderita ODGJ di kelurahan Pandeglang, Kecamatan Pandeglang Kabupaten Pandeglang, Banten.

Tenaga medis dari Puskesmas sebelum dilakukan vaksinasi terlebih dahulu dilakukan skrining, jika sehat, vaksinasi langsung dilakukan. Dan khusus kelompok penderita ODGJ, dilakukan dari rumah ke rumah untuk memudahkan keluarga mendapat layanan vaksinasi gratis ini.

Baca Juga: http://kabar5.id/2021/09/10/kapolri-tinjau-vaksinasi-serentak-di-ntb-ini-himbauannya/

Proses penyuntikan vaksin dilakukan dengan cara door to door untuk mendatangi penerima vaksin dengan mendapatkan pengawalan dari Bhabinkamtibmas Bripka Trimoyo, S.H dan Babinsa Serma M. rifai.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pandeglang Polsek Kota Pandeglang Bripka Trimoyo, S.H menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi kepada penderita ODGJ yang ada di di wilayah kelurahan Pandeglang dengan tujuan untuk membentuk kekebalan kelompok (Herd Immunity) sehingga mereka dapat mencegah penularan virus corona.

“Hari ini kita lakukan vaksinasi untuk 4 orang penderita ODGJ,” katanya.

Baca Juga: http://kabar5.id/2021/09/10/sebagai-simbol-pembangunan-gedung-polsek-cadasari-di-mulai-kapolres-letakan-batu-pertama/

Bhabinkamtibmas bersama Babinsa menyempatkan diri untuk memberi semangat kepada salah satu penderita ODGJ yang sudah selesai divaksin. Termasuk, mengingatkan pentingnya dalam melaksanakan disiplin prokes di tengah Pandemi Covid-19.

“Kita juga terus ingatkan tentang protokol kesehatan, yakni pakai masker, rajin cuci tangan, tidak berkerumun dan lainnya,” tambahnya.

Terpisah, Kapolsek Kota Pandeglang Polres Pandeglang, Kompol Kosasih juga mengungkapkan bahwa giat vaksinasi ini adalah program nasional dan mengharuskan masyarakat semua harus tervaksin. “Jadi kami menerjunkan anggota khususnya Bhabinkamtibmas untuk selalu menghimbau warganya dalam mensukseskan giat vaksinasi covid 19 ini,” ucap Kapolsek. (hum/Van/**).

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial