Pemdes Pagelaran Langsungkan Acara Khitanan Massal dan Tabligh Akbar, Warga: Kami Sangat Terbantu

Kabar5.id, Pandeglang, Banten – Pemerintah Desa (Pemdes) Pagelaran Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pandeglang, Banten, menyelenggarakan acara Khitanan Massal dan Tabligh Akbar di wilayah Desa Pagelaran. Turut hadir pada acara itu, Kepala Desa Pagelaran, Pudin Saepudin, S.Pd, Sekmat Pagelaran, Tatang Fauzi, SE, MM, perwakilan Polsek Pagelaran, Perwakilan Koramil Pagelaran, Unsur BPD, Tokmas, Toga, orang tua anak Khitan, serta undangan lainnya.

Kegiatan hasil kerja sama antara Pemdes Pagelaran bersama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Pagelaran tersebut, selain mengimplementasikan Dana Desa tahap Tiga di Desa Pagelaran, juga membantu masyarakat yang kurang mampu untuk mengkhitan anaknya. Dan nanti, acara puncak akan diadakan Tabligh Akbar di kantor Desa Pagelaran.

Demikian dikatakan oleh Kepala Desa Pagelaran, Pudin Saepudin, S.Pd kepada awak media dijumpai disela sela kegiatan Khitanan Massal dan Tabligh Akbar yang digelar di Kantor Desa Pagelaran. “Acara Penyelenggaraan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dengan kegiatan Khitanan Massal dan Tablig Akbar¬† yang di laksanakan di Desa Pagelaran ini, adalah kegiatan Pemdes Pagelaran, melalui Lembaga Kemasyarakatan Desa khususnya Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPM-Desa) Desa Pagelaran,” ungkap Kepala Desa Pagelaran, Pudin Saepudin, S.Pd, Minggu (19/11/2023).

Baca Juga: https://kabar5.id/2023/11/17/kegiatan-edukasi-publik-dan-penghargaan-p4gn-di-lingkungan-provinsi-banten-di-hadiri-polda-banten/

Acara ini, lanjutnya, merupakan salah satu kegiatan dalam rangka Pembinaan Masyarakat Desa yang sudah direncanakan sebelumnya oleh Pemerintah Desa melalui hasil kesepakatan musyawarah Desa, sebagaimana tercantum dalam Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKP-Desa) tahun 2022 untuk tahun 2023.

Dan sebagaimana perencanaan, biaya kegiatan ini dianggarkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa tahun anggaran 2023 Tahap Tiga Tahun 2023, dan kegiatan ini sebagaimana kewenangan desa berdasarkan hak asal usul¬† bertujuan untuk mempertahankan serta mendorong kembali budaya budaya yang sudah ada sejak dahulu, terutama budaya dalam hal keagamaan,” jelasnya.

Selain itu, masih kata Kades, hal ini juga meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam memahami ajaran ajaran keagamaan khususnya ajaran agama islam yang secara mayoritas di anut oleh masyarakat Desa pagelaran. “Selain itu, tujuan penyelenggaraan PHBI juga untuk membantu kesejahteraan masyarakat terutama keluarga yang kurang mampu dalam memenuhi kewajiban sebagai orang muslim melalui Khitanan Massal, dan harapan saya sebagai Kades Pagelaran, semoga dengan adanya kegiatan ini bisa bermanfaat dan dirasakan oleh masyarakat Desa Pagelaran,” tuturnya.

Suasana Khitanan Massal di Desa Pagelaran, Minggu (19/12023).

Sementara itu, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Pagelaran, H. Ahmad Kosasih mengatakan, kegiatan Khitanan Massal di Desa Pagelaran, diikuti oleh 20 anak khitan. Mereka, katanya, diberikan juga bingkisan berupa Baju Koko, Peci, Samping serta Uang Santunan untuk setiap anak. “Sebetulnya Khitanan Massal ini adalah budaya yang sejak dulu selalu dilaksanakan, dan sekarang bersama Pemdes Pagelaran budaya ini kembali di bangkitkan,” terangnya.

Selamat Pagelaran, Tatang Fauzi, SE, MM Memberikan Cecepan (Santunan) Anak Peserta Khitanan Massal.

Selain itu juga, masih kata Ketua Panitia H. Ahmad Kosasih yang kerap di panggil H. Aceng ini menuturkan, besar harapannya acara seperti ini terus dilanjutkan, dengan peserta anak khitan yang lebih banyak lagi. “Karena sudah pasti membantu dan bermanfaat bagi masyarakat yang kurang mampu dalam memenuhi kewajiban sebagai seorang muslim melalui Khitan ini,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Kecamatan Pagelaran, Tatang Fauzi, SE, MM, memberikan apresiasi kepada Pemdes Pagelaran atas terselenggaranya acara Khitanan Massal yang acaranya, dilanjutkan nanti malam dengan acara Tabligh Akbar. “Sangat mengapresiasi kegiatan yang dilangsungkan oleh Pemdes Pagelaran, saya selaku warga masyarakat Pagelaran dan mewakili Camat Pagelaran, saya mengapresiasi acara yang tentu sangat berguna untuk masyarakat di Desa Pagelaran,” ujarnya.

Baca Juga: https://kabar5.id/2023/11/16/raih-peringkat-ii-anugerah-keterbukaan-informasi-publik-ini-kata-bupati-serang/

Artinya, lanjut Sekmat Pagelaran, penggunaan Dana Desa tepat guna untuk kemaslahatan warga desanya. “Semoga kegiatan dilakukan rutin setiap tahunnya, dengan peserta khitan yang semakin bertambah, dengan demikian, Dana Desa dapat terasa manfaatnya untuk masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, sejumlah orang tua anak Khitan mengaku sangat bersyukur dan bahagia Pemerintah Desa Pagelaran mengadakan acara Khitanan Massal. Menurut mereka, keinginan setiap orang tua untuk mengkhitan anaknya itu pasti semua berkeinginan seperti itu. “Namun, ditengah kondisi seperti sekarang ini, hal itu kadang dipendam, karena kondisi yang sulit, dengan harga harga yang mahal untuk melangsungkan selametan khitan,” ujar mereka.

Dengan adanya acara Khitanan Massal ini, kata mereka, banyak sekali orang tua terbantu oleh Pemdes Pagelaran. Kami para orang tua, lanjut mereka, mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Pagelaran, Pudin Saepudin, S.Pd yang telah mengadakan acara Khitanan Massal ini. “Selain di khitan, anak anak juga diberikan baju Koko, Peci, Samping dan juga uang cecepan (hiburan-red) untuk anak sunat. Semoga berkah, dan acara seperti ini rutin diadakan setiap tahunnya,” ujar mereka. (M4n/02/**).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *