Kesulitan Air Bersih, Warga Desa Ratoombu Gunakan Air Hujan Untuk Keperluan Sehari Hari

Kabar5.id, Poso, Sulawesi Tengah – Warga Desa Ratoombu Kecamatan Lage, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, hampir sudah sebulan dari November – Desember 2023 mengalami kesulitan mendapatkan air bersih yang disuplai dari air bersih di desa.

Hal itu di karenakan, sejumlah pipa penyuplai air dari Intek sejauh 13 Kilometer dari desa di beberapa titik kondisinya sudah rusak.

“Ada beberapa titik pipa dari Bak Penampung, rusak karena sudah dimakan usia. Dan beberapa warga yang telah turun mengurusinya di lokasi, yang rusak tersebut,” ujar Kepala Desa Ratoombu, Hermon K. Minggu (10/12/2023).

Baca Juga: https://kabar5.id/2023/12/09/himbau-masyarakat-hindari-provokasi-usai-bentrokan-warga-di-pujut-ini-kata-kapolres-loteng/

Selain itu pula masih kata Hermon K, untuk mengatasi masalah air bersih tersebut, telah turun anggaran kurang lebih 200 Juta untuk pemasangan dan penggantian pipa dalam perkampungan. “Kurang lebih jauhnya sepanjang 1 Kilometer dari bak penampung yang dibangun pada 2022 lalu,” ucapnya.

Baca Juga: https://kabar5.id/2023/12/09/buka-sosialisasi-apip-gubernur-sulteng-korupsi-adalah-kejahatan-luar-biasa-merugikan-bangsa-dan-negara/

Pekan Lalu, masih kata Kades Ratoombu, beberapa alat-alat dan pipa yang telah tersedia, dan siap digunakan. “Ini sudah ada,” kata Kades seraya menunjukan Matrial Pipa di kediamannya.

Terpisah, dari beberapa warga desa Ratoombu yang ditemui mengatakan, sudah hampir sebulan, untuk makan, minum dan mandi kami menggunakan air hujan yang di tadah dan ditampung di Tong-Tong dan Loyang.

“Sudah hampir sepekan belum mandi dan mencuci pakaian, karena terbatasnya air hujan yang kami tampung,” tutur mereka. (Mardison/02/**).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *