Belum Lama Usai di Bangun, Hasil Pembangunan Rehabilitasi Jalan Rusak Akibat Kendaraan Over Tonase

Kabar5.id, Poso, Sulawesi Tengah – Pemerintah Kabupaten Poso Sulawesi Tengah, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) pada tahun Anggaran 2023 yang mengerjakan kegiatan Rehabilitasi Jalan yang menghubungkan Desa Watuawu dan Desa Trans Rato’ombu di wilayah Kecamatan Lage Kabupaten Poso, Sulteng.

Kegiatan pekerjaan rehabilitasi jalan kawasan Trans Rato’ombu didanai dari Dana Alokasi Umum (DAU) tahun anggaran 2023 dengan waktu pelaksanaan 57 hari Kalender sebesar Rp. 612. 533. 000, yang dilaksanalan oleh CV. Citra Maroso selalu pelaksana.

Perwakilan CV. Citra Maroso, Stanley selaku pelaksana pekerjaan, mengakui kepada media ini bahwa, pekerjaan rehabilitasi Jalan kawasan Trans Rato’ombu pekerjaannya sudah kelar dilaksanakan dengan tepat waktu, sesuai mekanisme kontrak yang ada.

Baca Juga: https://kabar5.id/2024/01/08/aktivis-pandeglang-kecam-pelaku-pengrusakan-dan-penistaan-bendera-merah-putih-aktivis-aph-harus-segera-bertindak/

“Pekerjaan itu, panjangnya kurang lebih 750 Meter, namun baru beberapa hari seusai dikerjakan, jalan tersebut digilas truck yang mengangkut Kayu. Sehingga, ada beberapa titik rusak ringan,” ungkap Stanley, Rabu malam, (10/01/2024).

Namun diakui Stanley, soal kerusakan tersebut, tanggung jawab perusahaan untuk memperbaiki dan sudah dilakukan tiga hari yang lalu. “Mau dikerjakan habis tahun baru karena bomag baru ada frei habis tahun baru,” tambahnya melalui telepon genggamnya.

Dijelaskan Stanley, penyebab jalan retak dan amblas rusak di beberapa titik, diduga karena sebagian warga di ratoombu mata pencaharian mereka mengambil kayu dan rotan. “Bisa jadi diduga, yang blom bisa dilewati truk mereka lewati itu lapen waktu mati aspal 14 hari, begitu,” paparnya.

Pekerjaan perbaikan di beberapa titik yang rusak digilas truck pengangkut kayu, sudah tiga hari saya kerjakan. “Kurang kesadaran masyarakat saja, jika tidak bisa dilarang. Sebagai pekerja kayu dan rotan, untuk menghidupi keluarga,” tuturnya.

Baca Juga: https://kabar5.id/2024/01/06/proses-pelipatan-surat-suara-pemilu-2024-di-amankan-polres-bima-kota/

Secara terpisah Kepala Seksi Bina Marga dan Jembatan PUPR Kabupaten Poso, Machfud, menanggapi dan merespon konfirmasi mengatakan, dirinya sudah perintahkan pelaksana dan penyedia jasa untuk memperbaiki.

“Ya sudah saya sampaikan dan perintahkan untuk diperbaiki. Dan Sudah diperbaiki sejak 3 hari yang lalu oleh pelaksana kegiatan di lapangan,” tutupnya.

Sementara itu, dari pantauan media ini di lapangan, beberapa truck pembeli Kayu dan Rotan dari sekitar wilayah Desa Rato’ombu Kecamatan Lage Kabupaten Poso diperkirakan setiap pekan, mengangkut puluhan kubik Kayu dan Rotan asal kawasan Trans Desa Rato’ombu yang dibawah kedua samwill di Desa Watuawu dan Desa Tagolu Kecamatan Lage Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. (Mardison/02).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *