Peresmian Gedung Baru Pengadilan Tinggi Sulteng di Hadiri Gubernur

Kabar5.id, Palu, Sulawesi Tengah – Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdi Mastura, mengikuti acara peresmian gedung kantor baru Pengadilan Tinggi Sulteng di Jalan Prof. Mohammad Yamin, Selasa (06/02/2024) Kota palu, Sulawesi Tengah.

Peresmian dilakukan Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. Di awal acara, Ketua Pengadilan Tinggi Sulteng Hj. Dr. Nirwana, S.H., M.Hum mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu pembangunan gedung baru.

Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Rusdi Mastura bersama Ketua TP-PKK Dr. Hj. Vera Rompas Mastura, S.Sos, M.Si, Wakil Walikota Palu dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK., M.Kes, Bupati Sigi Mohamad Irwan, S. Sos, M.Si beserta jajaran Forkopimda Provinsi dan Kabupaten Kota se Sulteng yang berkenan hadir di acara.

Baca Juga: https://kabar5.id/2024/02/06/koramil-1307-09-poso-gandeng-asn-dan-warga-bersihkan-sampah-di-pantai-wisata-popakuni-mapane/

Gedung baru Pengadilan Tinggi Sulteng masuk diantara bangunan-bangunan dari sejumlah satuan kerja peradilan yang diresmikan serentak dan terpusat di Sulteng.

Dalam laporan Plt Sekretaris MA Sugiyanto, S.H., M.H, disebutkan bangunan-bangunan baru yang diresmikan dengan total anggaran pembangunan lebih dari Rp. 752 Miliar Rupiah, rinciannya ialah 3 gedung pengadilan tingkat banding, 18 gedung pengadilan tingkat pertama, gedung serba guna, gedung PTSP, media center dan 3 rumah jabatan pejabat eselon 1.

Semoga dapat mewujudkan pelayanan prima kepada pencari keadilan dan menyediakan fasilitas yang representatif bagi aparatur pengadilan,” sebutnya dalam laporan.

Harapan serupa disampaikan gubernur, supaya momentum ini dapat lebih meningkatkan etos pengabdian dan pelayanan aparatur peradilan demi terpenuhinya rasa keadilan dan kepuasaan masyarakat atas layanan peradilan.

Semoga gedung kantor Pengadilan Tinggi Sulawesi Tengah dapat menjadi sebuah legacy (pusaka) bagi penegakan hukum dan juga sumbangsih bagi pembangunan daerah,” ujarnya.

Sementara Ketua MA dalam sambutannya mengingatkan seluruh jajaran pada tiap satuan kerja agar meningkatkan lagi kinerja pelayanan ke masyarakat pencari keadilan. Fasilitas-fasilitas megah ini menurutnya akan sia-sia belaka jika tidak diikuti dengan hadirnya pelayanan prima.

Baca Juga: https://kabar5.id/2024/02/03/terima-audiensi-pwi-gubernur-sulawesi-tengah-pwi-alat-perjuangan-bangsa/

Kita tidak ingin hanya gedungnya yang baru tapi semangat aparaturnya juga harus diperbaharui,” pesannya.

Ia juga mengatakan gedung baru Pengadilan Tinggi Sulteng merupakan refleksi bangkit dari keterpurukan usai bencana gempa bumi 28 September 2018 meluluh lantahkan gedung lama. “Sayangilah (gedung) ini, jaga dan gunakan dengan baik untuk generasi selanjutnya,” tandasnya.

Turut menghadiri acara, Ketua Umum Dharmayukti Karini Hj. Budi Utami Syarifuddin, Wakil Ketua MA Dr. H. Sunarto, S.H.,M.H. beserta Ketua Dharmayukti Karini MA Anggarwati Sunarto, para Ketua Kamar, pejabat eselon I dan eselon II MA, serta para Ketua/Kepala Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama se Indonesia pada 4 lingkungan peradilan, baik hadir langsung maupun terhubung virtual. (Mardi/02).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *